Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Memilih asuransi

Oleh : finansialku.com

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda dan keluarga? Berikut ini terdapat 10 cara yang dapat Anda ikuti, agar asuransi kesehatan yang dibeli dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pentingnya Asuransi Kesehatan
Tahukah Anda bahwa asuransi kesehatan (health insurance) dan asuransi jiwa (life insurance) itu berbeda. Bukan hanya berbeda namanya tetapi juga berbeda dalam hal perlindungannya.

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan keamanan secara finansial kepada pemegang polis, jika yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan (sakit atau kecelakaan).
Sebenarnya pemerintah Indonesia juga memberikan jaminan kesehatan atau perlindungan kesehatan kepada Warga Negara Indonesia dengan program BPJS Kesehatan. Dari segi pertanggungan kesehatan, BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan yang lengkap.

Baca juga : Allisya Protection Plus

Penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Berikut ini beberapa penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan:
1. Semua jenis penyakit dan tindakan medis, mulai dari sakit ringan hingga sakit berat, contoh jantung, stroke, kecelakaan lalu lintas, kanker, cuci darah, plasmapheresis dan lainnya.
2. Penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan seumur hidup, seperti diabetes mellitus, hipertensi, jantung, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), epilepsi (ayan), skizofernia, sirosis hepatis, stroke, lupus (SLE) dan myasthenia.
3. Penyakit yang menggunakan obat program pemerintah: HIV/AID, TBC, malaria, kusta dan penyakit lainnya sesuai dengan aturan menteri kesehatan.
4. Asuransi kehamilan: perawatan selama kehamilan, proses persalinan, kelahiran bayi.
5. Obat-obat sesuai dengan aturan formularium nasional.

Baca juga : Penyakit Kritis

Produk Asuransi Kesehatan Perusahaan Swasta

Selain pemerintah, ada juga perusahaan asuransi swasta yang memasarkan produk asuransi kesehatan. Pada dasarnya perlindungan yang ditawarkan sama, hanya saja asuransi swasta memberikan pengobatan di luar negeri, uang pertanggungan yang bisa lebih besar dibandingkan BPJS Kesehatan (disesuaikan dengan premi yang dibayarkan). Sebagai konsumen Anda dapat memadukan manfaat BPJS Kesehatan dan Asuransi swasta, karena sudah ada program koordinasi manfaat (coordination of benefit).

Memilih asuransi

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Seperti yang Anda ketahui, ada puluhan produk asuransi kesehatan yang ditawarkan di Indonesia. Mulai dari perlindungan lokal bahkan sampai perawatan di luar negeri. Pertanyaan selanjutnya bagaimana cara memilih produk asuransi kesehatan yang seusai dengan kebutuhan Anda dan keluarga?

#1 Kenali Kebutuhan Anda

Saat Anda membeli produk asuransi pertama kali Anda harus ketahui apa yang Anda butuhkan. Contoh: Jika Anda adalah seorang wanita, yang tahun depan mau menikah, tidak ada salahnya beli asuransi kesehatan yang memberi manfaat kehamilan. Ada satu hal yang perlu Anda tahu, setiap produk asuransi kesehatan memiliki masa tunggu. Jadi Anda tidak bisa hari ini daftar asuransi, bayar premi pertama, besoknya langsung klaim.

Tips: Kenali kebutuhan asuransi kesehatan, dari rekam jejak medis, kebutuhan yang akan datang (misal kehamilan) dan pertimbangkan besarnya perlindungan.

Selain mengetahui kebutuhan dari segi perlindungan, kenali juga besarnya masing-masing perlindungan. Misal Anda pernah memiliki rekam jejak medis rawat inap di rumah sakit X. Pada saat Anda dirawat 3 tahun yang lalu harga kelas pertama Rp 450.000 per malam. Jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, pilih paket yang kamarnya lebih besar dari Rp 450.000 per malam atau pilih paket yang memberikan perlindungan kelas I.

#2 Pilih Jenis Perlindungan: Dalam Negeri vs Luar Negeri dan Manfaat Tambahan

Rata-rata produk asuransi kesehatan selalu ditawarkan dengan tambahan manfaat. Ada beberapa produk yang memberikan tambahan, misal jaminan perawatan kesehatan hingga Rp 5 Miliar, jika dirawat di luar negeri, cukup dengan menambah biaya premi.  Pertimbangkan kembali apakah Anda saat ini benar benar membutuhkannya.

#3 Jangan Lupa Budget atau Anggaran

Asuransi termasuk hal penting dalam perencanaan keuangan. Dilihat dari skala prioritasnya, asuransi menduduki posisi kedua terpenting dalam piramida perencanaan keuangan. Seharusnya setiap orang memiliki asuransi kesehatan, tetapi pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

#4 Jangan Malas untuk Membuat Perbandingan

Saat ini ada banyak produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta. Sebagai konsumen, kita perlu melakukan perbandingan produk dengan teliti, agar didapatkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

#5 Pilih Perusahaan yang Kredibel

Anda pastinya sudah tahu banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan. Pilih perusahaan yang memiliki kredibelitas bagus. Anda dapat membaca testimoni dari rekan kerja, saudara atau orang tua, membaca tanggapan di forum dan lain sebagainya.

#6 Pilih Perusahaan yang Mudah Klaimnya

Produk asuransi itu dibutuhkan pada saat yang tidak mengenakan, misal sakit, kecelakaan dan lainnya. Jadi jangan sampai Anda harus repot saat mengurus klaim. Pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan proses klaim. Sekarang ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki fitur e-claim alias klaim melalui internet atau aplikasi mobile.

Tips: Pasang aplikasi mobile asuransi kesehatan Anda di handphone. Aplikasi tersebut akan berguna pada saat-saat yang darurat.

#7 Pertimbangkan Rumah Sakit Rekanan

Setiap perusahaan asuransi kesehatan tentu memiliki rumah sakit rekanan. Pilih asuransi kesehatan yang memiliki banyak rumah sakit rekanan (baik dalam negeri maupun luar negeri). Selain banyak rekanan rumah sakit, lebih ideal lagi  jika perusahan asuransi kesehatan tersebut juga rekanan dengan rumah sakit langganan Anda.

#8 Pertimbangkan Asuransi Kesehatan Keluarga

Produk asuransi kesehatan biasanya ditawarkan dengan opsi perlindungan tunggal (hanya untuk 1 orang), pasangan atau keluarga. Biasanya ada diskon atau harga special untuk pasangan dan tambahan anak. Pilih opsi yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Anak kecil pun juga perlu asuransi kesehatan, terutama bayi dan anak di bawah lima tahun.

#9 Pilih Sistem Pembayaran Klaim yang Memberikan Kemudahan

Produk asuransi kesehatan di Indonesia ditawarkan dengan dua jenis sistem yaitu sistem cashless dan sistem reimbursement. Apa perbedaan keduanya?
* Sistem Cashless : Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar biaya perawatan (rawat inap, rawat jalan). Anda cukup menunjukkan kartu anggota atau kartu asuransi kesehatan dan tagihan berobat akan terbayar otomatis. Baca juga aturan kerja sistem cashless pada polis asuransi kesehatan, termasuk jika biaya pengobatan lebih besar daripada biaya yang ditanggung asuransi.
* Sistem Reimbursement : Anda perlu membayarkan uang deposit atau bahkan melunasi seluruh biaya pengobatan. Kemudian seluruh tagihan pengobatan ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehataan Anda.

#10 Gunakan Jasa Pihak Ketiga

Jika Anda merasa repot dengan memilih asuransi kesehatan, Anda dapat meminta bantuan jasa pihak ketiga yang netral. Anda bisa konsultasi dengan broker asuransi (khususnya jika Anda membeli asuransi kesehatan grup) atau konsultasi dengan perencana keuangan independen.

Buat Pilihan yang Tepat!
Semoga penjelasan di atas dan 10 tips di atas dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai cara memilih produk asuransi yang tepat. Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan, entah itu BPJS Kesehatan, produk asuransi kesehatan dari perusahaan swasta atau keduanya. Satu hal yang paling penting: Anda dan sekeluarga memiliki perlindungan atas kesehatan.

Baca juga : Allisya Protection Plus, Smartlink Flexi Account Plus

Share