Pertanyaan Wajib Tiap Lebaran dan Cara Menjawabnya


pertanyaan wajib saat lebaran

Akhirnya lebaran sebentar lagi tiba. Saat lebaran kita akan di hadapkan pada tradisi rutin yg tidak mungkin kita hindari. Kamu pasti sudah gak asing dengan apa itu silaturahmi keluarga besar dan halal bihalal. Dalam moment tersebut semua anggota keluarga akan saling berkumpul dan saling memaafkan.

Selain makan makanan enak, ada juga beberapa hal yang kerap bikin kita jengkel. Kamu akan dihadapkan sama pertanyaan wajib yang kadang bikin males untuk dijawab, tapi kalo gak dijawab juga ndak enak sama keluarga lainnya.

Kali ini poliZpedia akan bahas beberapa pertanyaan wajib tiap lebaran plus cara unik menjawabnya. Siap menyambut lebaran lebih damai?

1. “Aduuh, Gendutan yah Sekarang?”

Ada kalanya orang gak peka sama pertanyaan ini. Mereka tidak tahu betapa sensitifnya angka timbangan dan mereka menanyakan hal ini tanpa merasa bersalah. Well, sebagai seseorang yg udah ribuan kali mendapat pertanyaan ini harusnya kamu udah jauh lebih berpengalaman dan tetep cool  menjawab pertanyaan ini.

Tante: “Kok kamu gendutan yah sekarang?” 

Me: “Ah masak sih Tan? ini cuma segeran aja kok. Emang aku bahagia sekarang, soalnya kerjanya enak banget. (padahal dalem hati pengen rasanye nelen centong opor)

2. “Mana oleh olehnya?”

Tidak hanya pertanyaan, tidak jarang kamu juga akan menghadapi todongan. Pertanyaan oleh oleh seringkali kamu hadapi saat baru dateng dari luar kota dan daerah tempatmu merantau. Dan Lebaran adalah puncak dari permintaan oleh oleh. Ya wajar sih setahun sekali dan momentnya emang pas.

Biar gak terganggu dengan pertanyaan ini sisihkan sedikit dana khusus untuk membeli oleh oleh untuk keluarga. Tapi kalo kamu memang tidak ada anggaran untuk membeli oleh oleh, tebarkan senyum terbaik dan tetap tenang menjawab pertanyaan ini.

“Duuh maaf yah, aku udah muter muter buat nyari oleh oleh tapi toko toko masih pada tutup, sayang banget yah sepertinya mereka tutup toko lebih lama dari biasanya” 🙁

3. “Kabarnya (Nama Mantan) Gimana?”

Sudah pernah bawa pasangan ke keluarga besar tapi kemudian putus. Nah, jangan kaget yah kalo tiba tiba mantan pasanganmu ditanyakan oleh anggota keluargamu. Lebih lebih saat silaturahmi kamu tidak membawa pasangan yang baru. Pertanyaan ini tentunya membuatmu sakit hati dan kembali teringat lagi moment manis bersama mantan.

Helloww, bukankah hidup harus tetap jalan? Santai saja meladeni pertanyaan ini dengan joke joke keren kamu

“Udah habis masa kontraknya Tan, Aku sih pengennya perpanjang kemaren, tapi kayaknya dia lebih memilih resign deh” (senyum kecut)

4. “Mana Calonnya?”

Ini adalah pertanyaan paling sering dan paling ngeselin yg sering didapati mereka yang tetap menjomblo dari lebaran hingga lebaran berikutnya, dari indomaret di kampung cuma satu sampe hampir berjejer di setiap gang. Hmmm, pasti sakit yah jawabnya. Tapi sebagai seorang jomblo yg berkualitas kamu tidak boleh mati akal menjawab pertanyaan ini.

“Oh iyah Om, tadinya mau aku ajak ke sini tapi dianya lagi sibuk Om. Sibuk sama pacarnya” 🙁

5. “Kapan Nikah?”

Bagai agresi militer ke II, gempuran pertanyaan ini tidak akan pernah ada habisnya dan tentunya tidak pandang bulu. Mau kamu udah punya pacar atau belom, kalau rasanya sudah cukup umur untuk menikah maka semua orang akan menayakan hal ini sama kamu. Kesel sih pasti, yang mau nikah kamu yang ribut mereka. Tapi bisa jadi itu bentuk perhatian mereka sama kamu lho. Keep Calm Guyss…

“Awal tahun yah Om, kalo ndak sabtu ya minggu. Doain yah Om.”

6. “Kapan Punya Anak?”

Seperti cobaan hidup yang tak berujung, walau sudah menikah pun pertanyaan tidak akan pernah berhenti menghampirimu. Udah nikah tapi belum punya anak adalah kondisi yg pertanyaanable, hingga memaksa semua orang untuk menanyakan hal ini. Saat pertanyaan ini muncul jangan dibawa stress. Mereka cuma pengen keluarga kecilmu lengkap kok.

“Iyah nih Tan, kita udah bikin teros lho siang malem. Mungkin si calon debay masih belom siap ketemu tante”

Nah, itu tadi pertanyaan yang akan rutin mampir ke kamu tiap lebaran dan cara menjawabnya. Semoga lebaran tahun ini menyenangkan dan terbebas dari pertanyaan yang membuat hati perih.

Selamat merayakan Lebaran bersama orang orang tercinta yah! *ketjup manjah*

Baca juga:

Share

14 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *