Penyakit Kritis

Penyakit Kritispolizpedia

Apa itu penyakit kritis? Menurut KBBI penyakit adalah sesuatu yg menyebabkan terjadinya gangguan pada mahluk hidup, gangguan kesehatan yg disebabkan oleh bakteri, virus, atau kelainan sistem faal atau jaringan pada organ tubuh pada mahluk hidup. Sedangkan kritis masih menurut KBBI adalah dalam keadaan krisis, gawat, genting (tentang suatu keadaan). Jadi secara harfiah pengertian sakit kritis adalah gangguan kesehatan pada mahluk hidup hingga menyebabkan keadaan krisis, gawat, genting yg terjadi secara mendadak ataupun berangsur angsur. Bisa jadi penyakit kritis membuat seseorang membutuhkan perawatan yang cukup lama atau terjadi begitu saja dan menyebabkan seseorang tidak tertolong.

 

Bagaimana penyakit kritis pada manusia. Menurut data WHO penyakit kritis membunuh 36 juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia atau hampir 70% kematian di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit kritis. Dan lebih dari Sembilan juta dari semua kematian terjadi sebelum usia 60 tahun. Bagaimana dengan di Indonesia? Angka kematian akibat penyakit kritis Indonesia cenderung meningkat. Angka kematian akibat penyakit kritis di Indonesia jauh lebih tinggi yakni 80% dari total kematian. Hal ini tidak terlepas dari rendahnya kesadaran masyarakat kita akan pengetahuan tentang penyakit kritis serta pola hidup yg tidak sehat. Kebanyakan pasien sakit kritis memeriksakan kodisinya saat sudah stadium lanjut. Kondisi ini terjadi mungkin karena mahalnya biaya berobat, minimnya pengetahuan tentang sakit kritis, fasilitas kesehatan yg kurang memadai dan jarangnya masyarakat kita melakukan medical chek up secara rutin.

Masih menurut data WHO berikut adalah 10 penyakit paling mematikan di Indonesia

  1. Stroke
  2. Penyakit Jantung
  3. Diabetes
  4. Tubercolusis Pernafasan
  5. Hipertensi atau Darah tinggi
  6. Penyakit pernafasan khususnya Penyakit Paru Obsruktif Kronis
  7. Penyakit liver
  8. Kecelakaan lalu lintas
  9. Radang paru paru
  10. Diare atau gastro-enteritis yg berasal dari infeksi

Dan tahukah anda berapa biaya yg dibutuhkan untuk mengobati penyakit kritis? Berapa biaya pengobatan penyakit seperti kanker, jantung, stroke, dan gagal ginjal?

Tergantung penyakitnya apa? Seberapa parah kondisinya dan di rumah sakit apa berobatnya. Tapi yg pasti sangat besar. Selain itu, penyakit kritis bisa mengurangi produktifitas sehingga penghasilan berkurang bahkan hilang. Jika melihat pengalaman para artis terkenal yg pernah mengalami sakit kritis, biayanya ternyata sampai milyaran. Bahkan banyak diantaranya yg mengalami kebangkrutan. Padahal sebagai artis terkenal dengan bayaran yg mahal,mereka mestinya banyak uang. Tapi uang yg banyak itu pun ternyata masih kurang.

polizpediapolizpedia

 

 

 

 

 

polizpedia

 

polizpedia

 

 

 

 

 

 

 

Note : mohon maaf untuk artis di atas yg saya sebutkan namanya. Saya tidak bermaksud buruk, hanya untuk ambil hikmahnya saja.

Solusi

Nah, apakah saat ini anda sudah punya uang tunai miliaran rupiah di rekening anda? Jika sudah, apakah rela jika diserahkan begitu saja ke pemilik rumah sakit? Jika belum, bagaimana cara anda mengatasi masalah ini? Solusinya adalah Asuransi Critical illness

Critical illness

Critical illness merupakan manfaat dalam asuransi yg memberikan santunan uang tunai dengan nilai tertentu sesuai petanggungan yg diambil dan tertera dalam polis dan diberikan saat peserta atau nasabah terkena kondisi sakit kritis. Bahkan di beberapa Asuransi manfaat Critical illness dapat di klaim saat nasabah pertama kali terdiagnosa penyakit kritis atau pada kondisi awal. Bagaimana Critical illness bekerja? Critical illness sangat berbeda dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Jika asuransi kesehatan akan membayar tagihan rumah sakit, operasi, dokter dan obat obatan. Maka asuransi Critical illness memberikan santunan uang tunai yg ditransfer ke rekening anda tanpa memperhitungkan berapa biaya rumah sakit yg telah anda keluarkan. Jumlahnya tergantung pada nilai saat pengajuan dan tertera dalam buku polis. Jumlah pertanggungan Critical illness ini biasanya menyesuaikan dengan permintaan calon peserta dan tentu saja sesuai dengan besaran premi peserta. Uang tersebut sepenuhnya menjadi hak anda dan dapat anda gunakan untuk keperluan sehari hari yg bahkan tidak ada hubungannya dengan pengobatan. Misal, bayar cicilan kartu kredit, cicilan rumah, cicilan apartemen, cicilan mobil, kebutuhan sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Berapa angka ideal Critical illness untuk saya?

 

Pertanyaan ini sering dilontarkan calon nasabah saya yg ingin mengambil manfaat Critical illness. Sebenernya ini sangat relatif tergantung dari berapa pengeluaran bulanan anda dan berapa jumlah tanggungan anda. Jika anda berpikir ingin mengurangi jumlah santunannya demi mendapatkan premi lebih murah. Anda salah besar,meskipun anda membayar lebih sedikit, apakah anda yakin uang pertanggungan anda layak untuk memenuhi kebutuhan keluaraga anda jika sesuatu terburuk terjadi? Untuk membantu anda menghitung jumlah ideal pertanggungan Critical illness berikut saya uraikan secara sederhana cara menghitungnya;

UP CRITICAL ILLNESS = JUMLAH PENGELUARAN RUTIN BULANAN x 12 x 10

Contoh jika Pak Budi mempunyai pengeluaran rutin bulanan 10 juta maka UP critical illness ideal adalah

10.000.000 x 12 x 10 = 1.200.000.000

Kenapa 1,2 M ? Jika pak Budi terdiagnosa sakit kritis maka pak Budi tidak perlu khawatir. Karena kebutuhan bulanan pak Budi sudah dapat dipenuhi dengan cairnya UP Critical illness senilai kebutuhan bulanan keluarga pak Budi selama 10 tahun ke depan. Pengeluaran rutin bulanan termasuk cicilan mobil, rumah, cicilan kartu kredit, kebutuhan belanja bulanan dan apapun yg sifatnya rutin setiap bulan. Untuk membantu anda mengetahui cara kerja Asuransi Critical illness, di bawah merupakan link video sederhana tentang Critical illnes

https://youtube/RrgtVD65LZg

 

Share

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *