Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik


asuransi kesehatan

Jakarta – Sakit merupakan kondisi yang sangat tidak diharapkan bagi siapapun. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama biaya rumah sakit sangatlah mahal. Beberapa orang harus rela menjual aset dan barang berharga lainnya hanya untuk biaya berobat. Maka yang dapat kita lakukan hanyalah berjaga jaga apabila kondisi tersebut datang, salah satunya dengan mempunyai Asuransi Kesehatan maka biaya yang besar tersebut dapat diminimalisir.

Jangan berpikir karena kita masih muda dan sehat saat ini, kita tidak akan sakit lalu mengabaikan Asuransi. Kita bisa belajar dari beberapa kasus selebriti yang masih muda usianya namun sudah sakit bahkan meninggal dunia sekalipun suka berolah raga. Maka untuk mengantisipasi hal hal tersebut, kita bisa menyiapkan Asuransi Kesehatan dari sekarang. Dengan banyaknya informasi dan produk Asuransi yang beredar saat ini, kita sering kali bingung untuk menentukan Asuransi seperti apa yang benar benar sesuai dengan kebutuhan dan profil Anda. Untuk membantu Anda memilih, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti di bawah ini :

  • Usia Bertambah, Semakin Mahal Preminya

Memiliki Asuransi kesehatan adalah mutlak bagi semua orang berapapun usianya. Dari balita pun sudah disarankan untuk ikut Asuransi Kesehatan. Mengapa? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa biaya rumah sakit  sangatlah mahal. Maka jangan pernah menunda untuk memiliki Asuransi Kesehatan. Kalo saat ini Anda belum memiliki Asuransi Kesehatan maka segeralah. Karena semakin bertambah usia maka semakin mahal preminya. Belum lagi jika Anda sudah terlanjur terdiagnosa salah satu penyakit berat maka kecil kemungkinan bagi Anda untuk diterima oleh Perusahaan Asuransi manapun. Konteks Asuransi Kesehatan di sini adalah Asuransi Kewsehatan Swasta dan bukan BPJS milik Pemerintah.

Baca juga : Membeli Asuransi adalah Membeli Proteksi dan Keamanan

  • Mimilih Asuransi Keluarga/Kumpulan

Asuransi kesehatan umumnya menawarkan untuk Individu, namun bila Anda bandingkan dengan Asuransi Kesehatan untuk satu keluarga, tentu biayanya lebih hemat. Saat ini sudah banyak Perusahaan Asuransi yang menawarkan produk Asuransi Kesehatan paket keluarga, untuk itu tanyakan secara detail kepada tenaga pemasarnya apasaja hakdan kewajiban Anda sebagai Nasabah. Dengan memilih paket ini Anda dapat menghemat biaya Asuransi untuk keluaraga tercinta.

Baca juga : Allisya Protection PlusSmartlink Flexi Account Plus

  • Pilihlah Fitur Cashless

Asuransi Kesehatan dengan sistem Cashless memiliki metode lebih simpel. Sebab, Anda tidak lagi harus mengeluarkan biaya apapun untuk memperoleh perawatan pengobatan di rumah sakit. Anda hanya perlu menunjukan kartu peserta Anda kepada petugas rumah sakit. Kemudian kartu Anda akan digesek saat Anda cek in di rumah sakit yang bekerja sama dengan Perusahaan Asuransi. Kartu ini berfungsi layaknya kartu debit yang di dalamnya memuat profil Anda dan plan yang Anda pilih saat pertama kali mendaftar sebagai Nasabah.

Lain halnya dengan reimburse yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya terlebih dahulu dari kantong sendiri. Selanjutnya, biaya tersebut bisa diklaim dengan menyertakan beberapa dokumen dan kwitansi untuk akhirnya diganti oleh pihak Asuransi.

  • Sesuaikan Premi dengan Kemampuan Anda

Jika Anda akan membeli Asuransi Kesehatan, maka Anda akan dihadapan pada berbagai plan atau kelas yang bisa Anda ambil. Ingat yah, semakin tinggi plan atau kelas yang Anda ambil maka semakin tinggi biaya premi yang Anda keluarkan. Maka semua kembali lagi pada kemampuan Anda membayar premi. Jangan pula karena ingin mendapat premi murah maka Anda memilih plan atau kelas yang paling rendah, karena saat terjadi resiko plan yang Anda pilih ternyata tidak cukup untuk membayar biaya rumah sakit, sehingga Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar kelebihan biaya rumah sakit.

Harus benar benar dimengerti bahwa Asuransi adalah salah satu pilar terpenting dalam ilmu Perencanaan Keuangan. Bahwa Asuransi adalah salah satu pondasi dalam kebutuhan financial seseorang. Jangan sampai tujuan finansial jangka panjang Anda berantakan gara gara Anda tidak punya Asuransi.

Baca juga :

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *